Hemat Waktu dan Tenaga, Inilah 5 Ide Menu Buka Puasa Anak Kos yang bisa Dicoba

Sebagai anak kos, memasak menu buka puasa menjadi tantangan tersendiri. Biasanya, anak kos lebih memilih cara simple dengan memasan makan di luar. Karena mereka biasanya tidak memiliki keahlian untuk membuat sajian untuk berbuka.

Untuk menyiasatinya, kalian perlu ide menu makanan apa saja yang enak, praktis, dan juga murah. Untuk itu, di bawah ini sudah memberikan informasi mengenai menu buka puasa anak kos yang bisa kalian coba praktekan. Berikut ulasannya.

  1. Oseng Tempe

Selain cara membuatnya sangat sederhana, menu buka puasa anak kos ini memiliki bahan dasar tempe yang murah, mudah ditemukan dan tentunya memiliki kandungan protein yang tinggi. Tempe menjadi bahan masakan yang dapat diolah dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara oseng tempe.

Cara membuatnya terdapat dua tahap, yaitu dengan menggoreng tempe terlebih dahulu kemudian dioseng menggunakan bumbu kecap.

Hal yang perlu diperhatikan agar membuat oseng tempe ini tidak gagal adalah pada saat proses menggorengnya yang sampai tempe kurang matang atau bahkan terlalu kering.

  1. Nasi Goreng

Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu tau dengan makanan yang satu ini, bahkan hampir semua orang bisa untuk membuat nasi goreng. Hal ini membuat nasi goreng sangat pas untuk dijadikan menu buka puasa anak kos.

Cara membuat nasi goreng yang enak dan lezat yang bisa kalian lakukan dengan menumis nasi dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan cabai. Kalian bisa menambahkan daging ayam yang sudah dipotong kecil-potong, telur dan tidak ketinggalan masukkan sayuran seperti kacang polonga tau wortel.

Nasi goreng menjadi menu buka puasa yang sangat hemat untuk anak kos.

  1. Telur Balado

Manfaat mengkonsumsi telur yaitu untuk memberikan energi dan memperbaiki jaringan tubuh serta menjadi sumber protein yang murah. Selain itu, kandungan vitamin C pada saus tomat yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh dan kulit.

Untuk membuat menu buka puasa anak kos ini juga sangat mudah. bisa dengan menumis bawang merah dan putih hingga harum, lalu beri sedikit air dan saus tomat. Kemudian kalian bisa memasukan telur ke dalamnya, allu aduk hingga telur matang merata. Tambahkan dengan garam dan merica dengan jumlah sesuai keinginan. Telur balado sudah bisa di santap untuk berbuka puasa.

  1. Urap Sayur

selain telur balado yang memiliki sumber protein, kalian juga membutuhkan sayuran saat sedang menyantap hidangan berbuka puasa. Urap sayur menjadi menu buka puasa anak kos selanjutnya yang kalian bisa buat.

Cara untuk membuat urap sayur cukup mudah kok, hal pertama yang bisa dilakukan dengan memanaskan minyan dalam wajan, lalu tumis bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kencur, irisan gula merah dan garam. Aduk hingga wangi.

Masukkan kelapa parut, jeruk aduk rata hingga matang. Setelah itu sudah bisa disajikan untuk berbuka puasa.

  1. Sambal Goreng Kentang

Sambal goreng kentang menjadi ide menu buka puasa anak kos yang terakhir. Hal ini karena sambal goreng kentang menjadi masakan yang memiliki bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan.

Cara untuk membuatnya kalian bisa memotong kentang dengan ukuran sesuai selera dan tumis bawang putih, bawang merah, irisan cabe merah untuk dapat memberikan rasa pedas.

Tambahkan terasi yang sudah dibakar untuk dapat meningkatkan rasa. Tambahkan air untuk dapat memastikan bahwa kentang sudah matang dan bumbu sudah meresap sepenuhnya.

Tambahkan rasa dengan gula dan garam sesuai dengan selera. Sambal goreng kentan siap disajikan.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *