Haid Tidak Lancar

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Haid tidak lancar adalah hal yang biasa dialami oleh para wanita. Haid atau yang biasa disebut dengan menstruasi merupakan suatu kondisi keluarnya darah dari vagina, dimana hal ini hanya dialami oleh wanita saja.

Biasanya siklus menstruasi ini berlangsung selama 21 sampai 28 hari. Namun tak sedikit dari sebagian wanita yang mengalami siklus dengan waktu yang lebih lama atau lebih cepat. Kemungkinan besar wanita yang lebih lama mengalami siklus dikatakan telat atau haidnya tidak lancar. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain yakni :

Bagaimana Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar?

 

  1. Mengonsumsi Vitamin D dan Vitamin B

Vitamin D merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Kuning telur, susu, dan minyak ikan adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin D, yang mana vitamin tersebut bisa membuat haid kita menjadi normal.

Tak hanya vitamin D, para wanita juga dianjurkan untuk sering mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B seperti jagung, yang mana dengan mengonsumsi jagung bisa meringankan gejala menstruasi. Oleh sebab itu, jika anda ingin mengubah menstruasi menjadi normal, maka diperlukan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan vitamin B.

  1. Mengonsumsi Vitamin C

Bukan hanya dengan mengonsumsi vitamin D dan vitamin B saja yang dapat membantu menstruasi, ternyata mengonsumsi vitamin C juga dipercaya menyebabkan mentruasi menjadi lancar.

Kandungan asam askorbat pada vitamin C ini berfungsi untuk meningkatkan kadar estrogen dan juga untuk menurunkan kadar hormon progesteron, yang mana ketika rahim berkontraksi dengan lapisan ramih rusak yang bisa menyebabkan timbulnya menstruasi.

  1. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Dengan berolahraga memiliki manfaat bagi kesehatan, dimana olahraga ini dapat menjaga tubuh kita tetap bugar, menjaga berat badan yang ideal. Tidak hanya itu saja, namun dengan melakukan olahraga yang rutin, ternyata juga bisa menjadi pengobatan dari sinrom ovarium polikistik ( PCOS ). Yang mana PCOS ini menjadi salah satu penyebab menstruasi tidak lancar.

Oleh sebab itu, disarankan agar anda dapat mengatasi menstruasi yang tidak teratur, dan juga tetap bisa menjaga keseimbangan tubuh dengan berolahraga secara teratur. Sementara olahraga yang bisa anda lakukan untuk memperlancar menstruasi adalah olahraga ringan, seperti jogging atau lari kecil.

  1. Menjaga Keseimbangan Berat Badan yang Ideal

Cara Selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi haid tidal lancar adalah dengan menjaga keseimbangan berat badan yang ideal. Mengapa demikian? Sebab, apabila terjadi penurunan berat badan secara tiba-tiba dan tidak wajar, tentu hal tersebut dapat berpengaruh pada siklus menstruasi Anda.

Karena itulah sebaiknya anda lakukan pemeriksaan medis jika mengalami kondisi penurunan berat badan secara tidak wajar. Sebab, dikhawatirkan kondisi tersebut berpengaruh pada kesehatan tubuh, termasuk siklus mentruasi.

  1. Menjaga Pola Tidur

Selain menjaga berat badan yang ideal, pola tidur juga adalah hal penting yang harus diperhatikan. Karena jika pola tidur tidak dijaga dengan baik, dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan seperti mengalami setres, kelelahan, bahkan juga bisa membuat haid tidak lancar.

Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut anda perlu memperhatikan pola tidur dengan melakukan istirahat yang cukup setidaknya 7 hingga 8 jam dalam 1 harinya.

 

Nah, itulah pembahasan yang dapat kami paparkan pada artikel ini mengenai cara mengatasi haid tidak lancar, semoga artikel ini berguna serta bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.